Home  |  Aspirasi  |  Layanan  |  Produk Hukum  |  Data Pejabat  |  Pusat Data   |  Kontak  |  Webmail  |  Ganti Password
www.subang.go.id
  Menu Utama  
  Pemerintahan  
  Potensi  
  Pariwisata  
  Informasi LPSE  
  Info Keuangan Daerah  
Informasi Lainnya
 
 
 
   
BERITA
 
 
 
Posting : 2012-12-18
INTENSIFKAN PERKENALAN PRODUK PERTANIAN SUBANG
 
(Diskominfo / Bag. Humas Subang)

Sejumlah pruduk dan hasil pertanian ditampilkan dalam Gelar Produk dan Hasil Pertanian Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Subang. Tujuan kegiatan ini menurut Kepala Dinas Pertanian, Drs. H. Cecep Supriatin, M.Si, ialah untuk memperkenalkan produk pertanian alat/mesin pertanian (alsintan) dan menampilkan keterampilan serta kreatifitas petani dalam mengolah potensi pertanian. Sehingga produk pertanian di Subang bisa dikenal lebih variatif. “Selama ini produk pertanian di Subang hanya beberapa saja yang dikenal oleh orang luar. Padahal potensi pertanian di Subang sangat besar dan bervaritif,” ujar Cecep dalam sambutannya, Selasa (18/12/2012).

Bentuk kegiatan lainnya,3 kata Cecep ialah lomba keterampilan mengemas sayuran dan pihaknya berusaha merevitalisasi  asah terampil petani yang dinilai cukup baik. Kegiatan ini pun didukung oleh peran serta Darma Wanita. Diakui oleh Cecep bahwa peran serta semua pihak dalam mendukung pertanian di Subang sangat penting. “Tanpa dukungan yang lain apalah Dinas Pertanian,” ujarnya merendah.
 
Sementara itu Bupati Subang, Ojang Sohandi menyambut baik upaya kreatif Dinas Pertanian dalam memperkenalkan produknya. Bahkan, kata Ojang, kegiatan seperti ini perlu diintensifkan supaya masyarakat Subang maupun luar Subang bisa lebih mengenal variasi keunggulan produk pertanian di Subang.
 
“Kalau bisa klegiatan seperti ini bisa dilaksanakan rutin. Misalnya setiap hari Jum’at supaya masyarakat lebih mengetahuinya,” keta Ojang. Sedangkan mengenai tempat penyelenggaraannya, Ojang menyarankan supaya lebih terbuka dengan memanfaatkan lokasi-lokasi strategis, supaya mudah dijangkau oleh masyarakat.
 
“Penyelengara bisa menggunakan tempat yang strategis. Seperti alun-alun bahkan bila perlu silahkan pergunakan kantor pemda,” tambahnya.Selanjutnya Ojang menegaskan bahwa petani adalah profesi yang luar bisa dan mulia. Karena menopang kehidupan masyarakat. Bahkan bila produk pertanian mengalami kelangkaan bisa mengganggu stabilitas sosial. Hingga saat ini para petani, khususnya di Subang masih menunjukkan dedikasi yang tinggi. Disamping itu perlu ada pendampingan dari pemerintah kepada sektor pertanian. Di negara berkembang peranan pemerintah masih perlu dilakukan.
 
Harapannya Kabupaten Subang tetap konsisten dalam didang pertanian walaupun ditengah banyak kepentingan industri untuk membuka lapanga kerja dengan alih fungsi lahan. Namun kebijakan pemerintah tetap mempertahankan orientasi kepada pertanian.Turut hadir dalam kegiatan ini ialah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diantaranya Kapolres Subang, AKBP Choki Ardwiatto serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kab. Subang.

Pada kesempatan tersebut Ojang selaku pemerintah menyerahkan sejumlah alat/mesin pertanian (alsintan), sarana produksi pertanian/perkebunan (saprotan) dan sertipikat pertanian kepada penerima alsintan pasca panen dan pengolah hasil diterima oleh Bapak Don Taryadi dari kelompok Tani Ranggajaya Desa Cisaat Kec. Ciater, penerima alsintan pra panen oleh Bapak Edi Setiawan dari Kelompok Tani Karya Bakti Desa Sukamandijaa Kec. Ciasem, penerima saprotan oleh Bapak Suhanda dari Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Situsari Kec. Dawuan, penerima Sertifikat Registrasi Kebun Manggis oleh Bapak H. Asep Tasrif Hidayat dari kelompok Tani Laksana Barokah dan Penerima Sertipikat Registrasi Lahan Usaha Jamur oleh Bapak Rinta Hadimiharjo dan Kelompok Tani Bilal bin Rabah.

 (Diskominfo / Bag. Humas)
 
 
Copyright © 2010 Pemerintah Kabupaten Subang - Diskominfo