Home  |  Aspirasi  |  Layanan  |  Produk Hukum  |  Data Pejabat  |  Pusat Data   |  Kontak  |  Webmail  |  Ganti Password
www.subang.go.id
  Menu Utama  
  Pemerintahan  
  Potensi  
  Pariwisata  
  Informasi LPSE  
  Info Keuangan Daerah  
Informasi Lainnya
 
 
 
   
BERITA
 
 
 
Posting : 2013-02-11
KPU SUBANG TETAPKAN WAKTU PEMUNGUTAN SUARA PEMILU BUPATI DAN WAKIL BUPATI
 
(Diskominfo - Bag. Humas Kab. Subang)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang menetapkan hari Minggu, 8 September 2013 sebagai waktu pemungutan suara Pemilu Bupati dan wakil Bupati Subang tahun 2013. Menurut Ketua KPU Subang, Kaka Suminta, pertimbangan menentukan waktu pemungutan suara karena jika dilakukan pada bulan Oktober 2013, masih ada warga Subang yang tengah melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci Mekah. Akhirnya setelah berdiskusi bersama Kementrian Agama (Kemenag) Kab. Subang, MUI Subang dan unsur masyrakat lainnya maka jatuhlah pilihan pada tangga 8 September 2013. “Dengan tanggal ini apabila kita memiliki jamaah 2 atau 3 kloter sekalipun aman (bisa melakukan pemungutan suara),” jelas Kaka dalam sambutannya pada “Deklarasi Penetapan Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Subang Tahun 2013” di halaman Wisma Karya (11/2). Selanjutnya Kaka menyampaikan bahwa logo Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Subang adalah logo “Padi Sabeungkeut”.

Kemudian Kaka menguraikan Tahapan Kegiatan Proses Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Subang sebagai berikut: Hari ini (11/2) deklarasi menentukan waktu pemungutan suara, kemudian 12 Pebruari sampai 15 September akan dilakukan Pembantukan PPK dan PPS. 15 - 19 Mei 2013 Pengumuman dan Pengambilan berkas calon. Metode yang dipergunakan bagi yang memiliki 8 kursi bisa mengajukan 1 pasangan calon atau gabungan partai politik norma perhitungan jumlah suara legislatif sebanyak 15%. Bagi pasangan independen mendapat dukungan sebanyak 3% dari jumlah warga yang memiliki hak pilih atau sekitar 50 ribu penduduk yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk.

Kemudian tanggal 11 – 17 Juli 2013 pendaftaran calon. Lalu penetapan calon dan nomor urut calon pada 25 Juli 2013. Masa kampanye calon dilakukan pada tanggal 22 Agustus sampai 4 September 2013. Selanjutnya masa tenang 5 – 7 September 2013.

Selanjutnya Bupati Subang, Ojang Sohandi, dalam sambutannya menyampaikan harapannya bahwa pada proses Pemilu Bupati dan Wakil Bupati melahirkan para calon yang memiliki komitmen membangun Subang menjadi lebih sejahtera dan maju. Karena hingga kini masih banyak warga Subang yang kurang bangga menjadi warga Subang. “Masih banyak warga Subang lebih nyaman mengakui sebagai orang Jakarta atau Bandung daripada orang Subang,” kata Ojang. Oleh karena itu lanjutnya dengan pemimpin yang memiliki komitmen bisa menjadikan Subang sebagai wilayah yang unggul dan bisa dibanggakan.

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Subang, Ketua KPU Subang dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Subang. Turut hadir jajaran pimpinan partai politik dan ormas. Kemudian secara simbolis melepaskan balon ke udara bersama jajaran Forkopimda.

 (Diskominfo - Bag. Humas)
 
 
Copyright © 2010 Pemerintah Kabupaten Subang - Diskominfo