Home  |  Aspirasi  |  Layanan  |  Produk Hukum  |  Data Pejabat  |  Pusat Data   |  Kontak  |  Webmail  |  Ganti Password
www.subang.go.id
  Menu Utama  
  Pemerintahan  
  Potensi  
  Pariwisata  
  Informasi LPSE  
  Info Keuangan Daerah  
Informasi Lainnya
 
 
 
   
BERITA
 
 
 
Posting : 2010-07-19
OPTIMALISASI PERAN TNI ADALAH PANGGILAN MORAL BUKAN MENCAMPURI INSTITUSI LAIN
 
(Lanud Suryadarma Kalijati)
“Optimalisasi peran TNI semata-mata panggilan moral dan fungsional TNI, dalam rangka menunaikan “tugas kemitraan” atau “tugas perbantuan TNI” kepada institusi atau lembaga lain, apabila diperlukan sesuai dengan kemampuan dan batas kemampuan TNI, seperti pelaksanaan TMMD dan manunggal KB-Kesehatan serta membantu penanggulanggan bencana alam yang telah berjalan selama ini”. Demikian antara lain sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso pada Upacara Bendera 17-an di Halaman Hanggar Skadron Pendidikan (Skadik) 303 Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan (Wingdiktekkal) Kalijati, Subang yang dibacakan Inspektur Upacara Kol Pnb Irwan Is. Dunggio., S.Sos., Komandan Lanud Suryadarma, Senin (19/7).

Menurut Panglima TNI, “optimalisai“ peran TNI merupakan wujud partisipasi aktif dan kontribusi nyata TNI dalam proses pembangunan nasional pada khususnya, serta kehidupan berbangsa dan bernegara pada umunya. “Untuk itu perlu saya tegaskan, bahwa “optimalisasi” peran TNI sama sekali bukan bentuk “ekspansi” TNI seperti di masa lalu untuk “mencampuri” atau “mengambil-alih” peran dan tugas pokok institusi lain”, tegas Jenderal TNI Djoko Santoso.

Pada akhir amanatnya Panglima TNI menyampaikan lima atensi diantaranya memegang teguh komitmen “netralitas TNI” dalam politik praktis baik dalam Pemilu maupun Pilkada. Dalam masalah ini prajurit TNI dilarang terlibat kegiatan politik praktis. Kemudian meningkatkan soliditas dan solidaritas prajurit baik internal dan antar Angkatan sebagai pondasi terwujudnya soliditas dan solidaritas nasional. Juga sikap menghormati setiap nilai “kearifan lokal” di manapun prajurit bertugas dan berada demi semakin mantapnya “kemanunggalan TNI-Rakyat” di atas semangat Bhineka Tunggal Ika.

Upacara Bendera jajaran satuan TNI di Kalijati diikuti oleh prajurit dan PNS TNI AU dari satuan-satuan TNI AU meliputi Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal, Kompi B “BS” Paskhas juga siswa-siswa TNI AU dari berbagai macam sekolah di Kalijati. Upacara Bendera berjalan lancar diawali pengibaran Bendera Merah Putih oleh Prajurit Satpom Lanud Suryadarma diiringi Satuan Musik Lanud Suryadarma.
 (Kapentak, Kapten Sus. D. Agus Priyo Susilo)
 
 
Copyright © 2010 Pemerintah Kabupaten Subang - Diskominfo