Home  |  Aspirasi  |  Layanan  |  Produk Hukum  |  Data Pejabat  |  Pusat Data   |  Kontak  |  Webmail  |  Ganti Password
www.subang.go.id
  Menu Utama  
  Pemerintahan  
  Potensi  
  Pariwisata  
  Informasi LPSE  
  Info Keuangan Daerah  
Informasi Lainnya
 
 
   
PERTAMBANGAN DAN ENERGI
 
Pertambangan

Minyak Bumi dan Gas

Kabupaten Subang merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi dan gas alam, bahkan potensi migasnya terbilang cukup besar. Hingga tahun 2006 tercatat 65 sumur telah di ekplorasi di 17 lokasi produksi, dengan jumlah produksi gas alam mencapai 250 MMSCF dan produksi minyak bumi sebesar 2.100 BOPD per hari.

Data Potensi Minyak Bumi dan Gas Alam

Jenis
Lokasi
Potensi
Minyak Mentah
Pedataran Subang
169, 5 Juta Barel
Gas Asosiasi
Pedataran Subang
718, 7 BCF
Gas Non Asosiasi
Pedataran Subang
3218, 1 BCF
Gas CO2
Cikaret
+ 497 BCF

Sumber : Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Subang


Sumber Daya Mineral

Kabupaten Subang memiliki berbagai jenis sumber daya mineral. Potensi sumber daya  pada sektor ini yang paling besar adalah bahan galian C. Dari jenis bahan mineral tersebut yang paling banyak ditambang dan dimanfaatkan adalah jenis bahan galian untuk bahan bangunan seperti batu belah, pasir dan sirtu. Sedangkan jenis bahan galian yang potensial untuk ditambang yang tersebar di beberapa kecamatan adalah sebagai berikut :

Jenis
Lokasi
Potensi
Pasir Pantai
Legonkulon, Pamanukan, Blanakan
210 Juta
Lempung
Blanakan,  Patokbeusi, Ciasem, Pamanukan, Compreng, Pusakanagara
Lempung dan Trass
Pabuaran, Cikaum, Kalijati, Pagaden
+ 150 Km2
Sirtu
Cipeundeuy,  Blanakan, Ciasem, Compreng, Cipunagara, Cibogo, Subang
Tersebar di daerah
Aliran sungai
Gypsun
Subang
+5 Juta m3
Batu Belah
Cijambe, Cisalak, Tanjungsiang, Jalancagak, Sagalaherang
+2juta m3
Batu Gunung
Jalancagak
Belum dievaluasi
Pasir Gunung
Jalancagak
Belum dievaluasi
Pasir
Cipeundeuy, Kalijati, Subang, Cijambe
+1,2 Milyar M
Puzolan
Cijambe, Sagalaherang
+ 200 Juta M
Belerang
Jalancagak
+ 20 Juta
Yarosite
Jalancagak
+ 50 juta
Batu Gamping
Kalijati,  Cijambe
Belum dievaluasi

Sumber : Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Subang


Energi

Panas Bumi

Berdasarkan informasi terakhir dari GeoSoft Asia, wilayah Kabupaten Subang memiliki kandungan panas bumi (geothermal) yang sangat potensial. Pemboran geothermal pada kedalaman 400 m dapat menghasilkan sumber panas yang cukup untuk kebutuhan energi listrik. Potensi geothermal di Kabupaten Subang dapat dikembangkan secara optimal sebagai sumber energi.

Sumber Energi Lainnya

Sumber Daya Biomasa
Biomasa adalah sumber energi yang berasal dari bahan-bahan nabati, termasuk limbah yang berasal dari manusia dan hewan. Biomasa ini dapat berbentuk padat, cair dan gas. Biomasa masih banyak dipakai terutama daerah pedesaan, diperkirakan sebesar 40 % dari total pemakaian nasional. Di Kabupaten Subang hingga sekarang belum ada data pasti tentang penggunaan biomasa sebagai sumber energi.

Sumber Daya Tenaga Surya
Energi surya mulai dikembangkan sejak tahun 1960-an, yaitu untuk pemanasan. Indonesia memiliki potensi energi surya yang cukup tinggi, yaitu 4.825 kwh/m2/hari. Secara akumulatif, bila seluruh potensi dimanfaatkan, akan mencapai 9,63 x 106 MW jika diperhitungkan luas daratan Indonesia 2 juta kilometer persegi atau 0,1 % dari luas Indonesia, maka Kabupaten Subang secara potensial memiliki energi surya sebesar 9,63 x 10³ MW

Sumber Daya Tenaga Angin
Energi angin mulai dikembangkan di Indonesia sejak awal tahun 1970-an oleh LAPAN. Pengembangan tenaga angin sampai sekarang ini terutama untuk pembangkit tenaga listrik skala kecil untuk memompa air laut ke tambak garam, dan untuk aerasi tambak udang. Kecepatan angin di wilayah Pantai Laut Jawa termasuk wilayah Kabupaten Subang diperkirakan sekitar 4 m/d - 5 m/d. Kecepatan ini diperkirakan mampu untuk memutar turbin angin skala kecil.

Sumber Daya Air Bawah Tanah
Potensi sumber air dapat menunjang keberhasilan pembangunan, meskipun keadaannya sangat tergantung kepada faktor iklim, geologi, morfologi, vegetasi dan tata guna lahan.
Pemanfaatan sumber air bawah tanah pada umumnya banyak dimanfaatkan pada daerah yang ada kegiatan industri dengan mengandalkan sumber air tanah sebagai satu-satunya sumber air alternatif. Adapun daerah tersebut antara lain wilayah Kecamatan Pabuaran, Cipeundeuy dan Patokbeusi. Potensi air bawah tanah di Kabupaten Subang dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Lokasi
Jenis
Potensi (m3)
Cekungan Ciater
Air dangkal
Air tanah dalam
± 1,7 milyar
± 4 milyar
Cekungan Ranggawulung
Air dangkal
Air tanah dalam
± 1,5 milyar
± 3 milyar

Sumber : Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Subang

Copyright © 2010 Pemerintah Kabupaten Subang - Diskominfo