×


Berita



Hadiri Subang Jawara Bersholawat, Sekda Subang Ajak Berjihad Melalui Perjuangan Mental dan Intelektual

  Selasa, 14 November 2023
  Annisa
  528 Dilihat

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., menghadiri kegiatan Subang Jawara Bersholawat bersama Habib Umar Bin Syekh Abdul Qodir Assegaf (Putra Habibana Syekh Bin Abdul Qodir Assegaf) dalam rangka peringatan Hari Santri tahun 2023, bertempat di Lapangan Kamarung, Kecamatan Pagaden, Selasa (14/11).

Pada kesempatan tersebut, Sekda Subang H. Asep Nuroni mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Habib Umar bin Syekh Abdul Qodir Assegaf, dan berharap kedatangan Habib Umar menjadi semangat untuk terus membangun Subang menjadi lebih baik.

"Semoga dengan kedatangan Habib hari ini, Kabupaten Subang diberikan keberkahan oleh Allah SWT," Ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa peringatan hari santri tersebut juga merupakan sarana untuk mengenang peran para santri, kyai, dan para ulama yang telah berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari serangan penjajah.

"Perjuangan para santri dan Kyai pada revolusi kemerdekaan adalah bentuk pengamalan ajaran Rasulullah bahwa cinta tanah air sebagian daripada iman," Lanjutnya.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa tema Hari Santri tahun 2023 adalah 'Jihad Santri, Jayakan Negeri', dimana tema tersebut diambil sebagai bahan renungan untuk meneladani semangat santri yang berjuang dengan sepenuh hati dan jiwa untuk memajukan bangsa dan negara.

"Jihad yang dimaksud bukanlah peperangan fisik, melainkan perjuangan moral dan intelektual. Hari ini peran kaum santri termasuk sangat dibutuhkan untuk beserta memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara," Tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Jihad bisa dimaknai sebagai upaya menjaga diri dari segala hal yang merusak akhlak dan moral. Salah satunya adalah kejadian memprihatinkan yang terjadi beberapa waktu lalu, dimana hal tersebut menjadi teguran untuk semua pihak.

"Untuk itu saya minta hari ini semua khususnya para Kyai dan para santri, agar menjadi pelopor dalam memberantas berbagai kejahatan di bumi tercinta. Inilah bentuk jihad kita bersama," Harapnya.

Menutup sambutannya, ia mengajak semua yang menyaksikan untuk bersama sama mengirimkan doa kepada saudara muslim di Palestina yang telah gugur dalam berjuang membela haknya.

"Mari kita panjatkan doa kepada saudara kita yang ada di Palestina yang sedang berjihad membebaskan Baitul maqdis tercinta, begitu banyak yang telah gugur di medan juang, Semoga dengan doa kita memberikan kekuatan yang lebih untuk mereka. Amin ya robbal alamin," Tutupnya.