×


Berita



Kabupaten Subang Berhasil Meraih Penghargaan Swasti Saba dari Kemenkes RI

  Selasa, 28 November 2023
  Annisa
  531 Dilihat

Bupati Subang, H. Ruhimat kembali mengukir prestasi gemilang dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Subang. Hal ini terbukti dengan Kabupaten Subang yang berhasil meraih penghargaan kabupaten/kota sehat atau Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak tiga kali.

Acara penganugerahan tersebut diselenggarakan di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, pada 28 November 2023, yang dihadiri oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Rahmat Effendi, S.Sos., M.Si. 

Swasti Saba adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI kepada daerah yang berhasil mencapai standar tertentu dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen dan kinerja luar biasa Kabupaten Subang di bawah kepemimpinan Kang Jimat.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, sebagai ketua pelaksana kegiatan, menyatakan bahwa pemberian penghargaan merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen dan implementasi aksi dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih, aman, nyaman, dan sehat secara holistik dan berkelanjutan.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, dampak dari fenomena El Nino telah menyebabkan peningkatan kasus demam berdarah, yang jika tidak ditangani, dapat berujung pada kematian.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., yang mewakili Presiden & Wakil Presiden RI, dalam sambutannya menjelaskan bahwa dasar pemberian penghargaan Swasti Saba bersumber dari Ottawa Charter, khususnya konsep 'kesehatan dalam semua kebijakan'. Hal ini menunjukkan bahwa tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan sehat menjadi fokus utama para pembuat kebijakan, terutama Gubernur, Bupati/Walikota.

Muhadjir menegaskan bahwa urusan kesehatan merupakan tanggung jawab bersama, baik pusat maupun daerah, dan ia menyambut baik penghargaan tersebut sebagai langkah konkret menuju peningkatan kesehatan masyarakat. Sebagai penutup, Muhadjir menekankan pentingnya pemerataan pelayanan kesehatan di seluruh Kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia.

Prestasi ini membuktikan bahwa Bupati Subang Kang Jimat dan seluruh jajaran pemerintahan setempat telah bekerja keras untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadinkes & Kepala BP4D Kabupaten Subang.