×


Berita



Peringati HUT Ke-77 RI, Pemkab Subang Gelar Acara Riung Mungpulung dalam Rangka Perkuat Tali Silaturahmi

  Rabu, 17 Agustus 2022
  Annisa
  519 Dilihat

Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Subang Tahun 2022 , Bupati Subang, H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi Mengikuti acara Riung Mungpulung di Aula Pemda Subang, Rabu (17/08/2022).

Acara riung mumpulung tersebut merupakan momentum silaturahmi sekaligus sarana apresiasi untuk berbagai pihak yang memiliki prestasi dan dianggap telah memberikan kontribusi besar bagi Kabupaten Subang.

Acara dimulai dengan menyaksikan peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera pusaka di Istana Negara secara virtual, dilanjutkan dengan menyaksikan penayangan video hasil Jawara Nata, sudah diresmikan jalan Bukanagara oleh pencita alam 'Warna Alam' dan Karang Taruna Kecamatan Cisalak.

Dalam laporannya Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni sebagai ketua pelaksana hari besar nasional mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia, Forkopimda, perangkat daerah, pemerintahan kecamatan dan desa, BUMN/BUMD Subang yang turut memeriahkan rangkaian kegiatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022.

Ia berharap semoga dengan peringatan kemerdekaan ini, menambah persatuan dan kesatuan untuk bersinergi menuju Subang yang lebih baik. 

Pada kesempatan tersebut, diserahkan beberapa penghargaan yang berhasil dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Subang, diantaranya penghargaan INAGARA Award dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi kepada pemerintah daerah yang berhasil mewujudkan komitmen tinggi dalam mengembangkan dan membina inovasi administrasi negara merupakan hasil kolaborasi dari seluruh perangkat daerah yang secara intensif mengikuti program-program pembinaan inovasi.

Selain itu, Subang juga berhasil meraih Penghargaan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia sebagai daerah dengan Produksi padi terbesar ketiga Jawa Barat dan Nasional.

Diserahkan pula penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN yang diserahkan oleh Kepala DP2KBP3A kepada Bupati Subang.

Dilanjutkan dengan penyerahan berbagai penghargaan kepada pelajar berprestasi, tokoh masyarakat, pelaku usaha, kelompok, lembaga, dan instansi.

Turut diserahkan pula santunan jaminan kematian dan santunan kecelakaan kerja non-ASN, aparatur Desa, dan Puskesmas.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menyampaikan bahwa acara riung mungpulung yang diselenggarakan hari ini adalah sebagai wujud rasa syukur untuk menguatkan silaturahmi sekaligus sarana untuk meningkatkan komunikasi di lingkup pemerintahan daerah Kabupaten Subang.

Ia mengajak seluruh pihak untuk terus bergandengan tangan, saling menguatkan menghadapi setiap hambatan dan tantangan.

Ia juga menyampaikan terkait dampak pandemi yang melanda kurang lebih dua tahun terhadap pembelajaran bahkan perekonomian, dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah salah satunya akselerasi vaksinasi Covid-19.

"Dan alhamdulillah dengan kita berusaha melaksanakan pemberian vaksinasi 3 tahap kepada seluruh masyarakat  kita sudah berada di level 1 sesuai dengan imendagri no 38 tahun 2022 sehingga bisa di laksanakan kegiatan masyarakat," ujarnya.

Diakhir sambutannya, Ia berharap semoga penghargaan dan santunan yang diterima menjadi suatu tenaga dan inspirasi bagi yang menerima khususnya dan bagi kita semua untuk terus berkontribusi dan berprestasi bagi kemajuan dan nama baik Kabupaten Subang.

Agenda pun ditutup dengan pemotongan tumpeng dan kue oleh Bupati Subang, dan diserahkan langsung kepada 2 orang veteran, dilanjutkan dengan persembahan lagu Indonesia Jaya dan Selendang Sutra oleh para istri Forkopimda Kabupaten Subang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang, unsur Forkopimda Kabupaten Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Subang, para Asisten Daerah, para staff ahli, para kepala OPD dan Camat Lingkup Pemda Subang, pimpinan BUMN/BUMD se-Kabupaten Subang, para Ketua Organisasi wanita, Ketua LVRI Kabupaten Subang beserta jajaran, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.