×


Berita



Rapat Persiapan CSIRT di Kabupaten Subang

  Senin, 28 November 2022
  Annisa
  278 Dilihat

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan rapat persiapan launching Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di Subang Command Center, Senin (28/11).

Pembentukan CSIRT tersebut sebagai upaya untuk meminimalisir dampak insiden siber pada sistem informasi elektronik instansi pemerintah dengan tujuan untuk melakukan penyelidikan yang komprehensif dan dapat melakukan pencegahan adanya insiden keamanan siber.

Adapun manfaat dari CISRT ini yaitu untuk mempercepat proses penanganan insiden keamanan siber dan mencegah insiden terulang kembali.

Selain itu, CSIRT secara tegas telah diamanatkan dalam beberapa regulasi diantaranya yaitu peraturan presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital dan Peraturan BSSN Nomor 10 Tahun 2020 tentang Tim Tanggap Insiden Siber.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Subang Tian Muhartianto, S.T., M.M, Kepala Bidang TIK Drs. Aries Witarsyah, M.M dan jajaran, Tim Keamanan Informasi dan para pejabat fungsional Diskominfo Subang.