×


Berita



Desa Pamanukan Masuk Program Desa Cantik BPS Jawa Barat Tahun 2021

  Rabu, 09 Juni 2021
  annisa
  1696 Dilihat

Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat menerima kunjungan Kepala BPS Subang Muhammad Sholihin beserta Jajaran terkait laporan tentang terpilihnya Desa Pamanukan sebagai Desa cinta Statistik Kabupaten Subang oleh BPS Jawa Barat. Adapun pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati, Rabu (09/06/2021).

 

Desa merupakan aparat pemerintahan terdekat bagi masyarakat. Sebagai aparat pemerintahan berbagai kebijakan dan pembangunan yang dilakukan di suatu desa harus mampu menjawab permasalahan yang sedang terjadi. Oleh karena itu desa harus memiliki data yang lengkap dan akurat mengenai berbagai permasalahan yang ada di desanya, sehingga program-program yang ditawarkan oleh pemerintahan desa menjadi tepat sasaran.

 

Dalam menyediakan data secara lengkap dan akurat, aparatur desa harus dibekali dengan pemahaman statistik yang baik, untuk itu Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai instansi penyedia data-data statistik telah meluncurkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) untuk membina, membangun, dan meningkatkan kompetensi aparatur desa agar mampu memahami tentang statistik.

 

Menurut Muhammad Sholihin penerapan program Desa Cantik di Desa Pamanukan akan melibatkan Disdukcapil Kabupaten Subang yang diantaranya akan mengangkat data kelahiran, data kematian dan lainnya. "Dalam 1 RT akan diambil sampel 16 Rumah tangga dan dipersiapkan sebanyak 80 pertanyaan" ujar Muhammad sholihin yang menambahkan pula bahwa dengan adanya program Desa Cantik, aparatur desa diharapkan mampu memahami statistik dengan lebih baik sekaligus dapat menjadi pelopor untuk melahirkan komunitas cinta statistik di desa mereka masing-masing. Adapun pelatihan untuk para petugas dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021 sejumlah 223 orang. Penerapan program desa cantik akan dimulai bulan agustus yang dilaksanakan oleh petugas dengan 3 gelombang.

 

Adapun desa-desa yang masuk dalam Program Desa Cantik Tambahan di Provinsi Jawa Barat tahun 2021 yaitu :

1. Desa Pamanukan Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang

2. Desa Panjalu kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis

3. Desa Banyuresmi Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut

4. Desa Cipancuh Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu

5. Desa Bungursari Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta

6. Desa Cicantayan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi

7. Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor

8. Desa Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan

9. Desa Nanggerang Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

10. Kelurahan Katulampa Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor

 

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Kang Jimat memberikan apresiasinya kepada BPS Subang yang telah secara konsisten mengawal penerapan program Desa Cantik dari BPS Jawa Barat. Kang Jimat mengatakan bahwa hasil kegiatan ini akan menjadi data dasar bagi pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Subang terutama perihal data penerima bantuan. Kang Jimat menyatakan dukungannya atas pelaksanaan kegiatan ini dan berharap agar bersama-sama mensukseskan kegiatan ini dalam rangka peningkatan data yang dinamis.

 

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Plt. Asda I Tatang Supriyatna, S.IP., M.I.Pol beserta jajaran BPS Subang. (Prokompim)